Tanya : Berdebat Menurut Pandangan Islam

Terimakasih Saudaraku Firman Ganny yang telah bertanya kepada Cintaallah.org,

Pertanyaan Saudaraku Firman Ganny adalah

Assalamu a’laikum.
Semoga ALLAH memberikan berkah buat yg terlibat dengan pendirian situs ini, seta umat muslim yg telah mengunjungi situs ini.

Saya mau bertanya seputar soal perdebatan, benarkah berdebat itu dilarang dalam islam?
bukankah sebagai muslim kita wajib memperjuangkan kebenaran, termasuk meluruskan pemahaman2 yg keliru mengenai ajaran2 islam.
dan kalau kita memberikan pandangan terhadap seseorang, yg menurut kita dia keliru dalam menjalankan kaidah2 islam, hampir pasti terjadi perdebatan.

Ustadz Musthafa Sayyidi Baraqbah LC menjawab,

Mudah-mudahan doa anda diIstijabah ALLAH TA’ALA ,amiin Memang perdebatan sering sekali terjadi disekitar kita , akan tetapi apakah tujuan dari perdebatan itu? Hanya yang berdebat yang mengetahui apa tujuan hatinya,orang yg berdebat ada beberapa tujuan 1) mencari kebenaran yang dia pahami & yakini karena ikhlas hanya karena ALLAH TA’ALA,maka perdebatan inilah yang telah dilakukan oleh para Nabi & penerusnya,yang semacam ini tidak diteruskan dengan permusuhan , gengsi & saling menjatuhkan karena dari awal yang ingin dicari hanyalah kebenaran baik dari pendebat atau yg didebat, 2) Debat karena gengsi atau sok benar sendiri dll dr sifat-sifat yg buruk seperti yang dilakukan iblis & pasukannya,maka perdebatan seperti ini harus ditinggalkan karena akan berdampak sangat buruk bagi kedua pihak seperti menambah musuh,tidak disukai orang lain & menyebabkan hati menjadi sekeras batu yg tidak menerima kebaikan dari orang lain, Jadi termasuk macam manakah perdebatan yg sedang kita lakukan ?

Print Friendly

2 Responses to “Tanya : Berdebat Menurut Pandangan Islam”

  1. aulan
    July 22, 2012 at 4:42 am #

    Assalamu’alaikum wr.wb
    ustadz, apakah ada dalil dari Al Qur’an atau Hadist yang memeperbolehkan debat tersebut atau riwayat perjalanan Rasulullah Saw yang memperbolehkan hal tersebut?
    diharapkan jawabannya.. jzk :)

  2. aminuddin
    December 3, 2012 at 4:27 pm #

    asaalamualiakum ustad.
    apa perbedaan debat dengan diskusi atau musyawarah..?
    yg saya tau Rasulullah melarang kita berdebat walaupun dalam keadaan benar…!

Leave a Comment

*